
Toyota mempunyai cara unik memperkenalkan varian barunya, Hypermiling iQ.Pabrikan asal Jepang itu menantang dua orang beruntung untuk menjajal 500 mil daratan Inggris dengan satu tangki bensin saja.Sesudah itu, Toyota mewajibkan keduanya memamerkan hasil tes iQ itu di blog-blog jejaring sosial.
iQ mampu menempuh 504,2 mil dengan 8,5 galon bahan bakar. Secara matematika artinya iQ hanya menghabiskan 1 imperial galon untuk 72 mil perjalanan. Lebih tinggi sembilan persen dibanding varian Toyota yang lain yaitu Prius.
Salah satu peserta beruntung menyatakan inti dari percobaan itu sebenarnya membuktikan kalau cara menyetir juga berpengaruh pada efesiensi bahan bakar. Beberapa perubahan kecil bisa membuat mobil Anda lebih hemat bahan bakar.
"Mendaki bukit, tikungan, pengemudi lain, lampu merah, jalan rusak, psikologi manusia, hanya membuat tangki kita kosong," ujar peserta yang tak mau disebutkan namanya itu.
Tantangan yang terjadi 29 Januari 2009 itu sebenarnya tak jauh berbeda dengan promosi yang dilakukan beberapa pesaing Toyota. Seperti Living Large dari Chevrolet, atau kampanye Ford Challenge.
Namun Toyota dengan cerdas menggunakan wabah jejaring sosial dengan tepat. Dan yang paling menyenangkan, tantangan ini tak terasa seperti sudah diatur. Tapi mengikuti kemauan si penjelajah yang kemudian membeberkannya pada teman-teman di dunia maya.
0 comments
Posting Komentar