Toyota Terobsesi Mendulang Kesuksesan - Kompas


Release Date : Rabu, 27 Mei 2009
Media : Kompas, at page 36, size 945 mmk
Journalist : Stefanus Osa
Source : Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor, Wakil Presiden Direktur TAM Shinji Fujii

Zaman boleh susah terkena dampak krisis keuangan global, begitu pula pasar otomotif yang melesu, yang diprediksi akan turun sekitar 30 persen di tahun 2009 ini. Namun, situasi sulit ini tidak menyurutkan prinsipal otomotif Toyota untuk merebut pasar, termasuk di Indonesia.

Obsesi itu diwujudkan PT Toyota Astra Motor dengan menghadirkan salah satu produk legendaris Toyota, yang telah puluhan tahun mendulang kesuksesan sebagai sedan terlaris di dunia. Boleh dibilang, langkah ini dilakukan untuk melengkapi pilihan generasi ke-10 Corolla, yakni New Corolla Altis 2.0 V yang menyandang mesin berkapasitas 2 Liter, 4 silinder segaris, dan dilengkapi teknologi dual VVT-i.

Sedan eksklusif ini dilengkapi fasilitas audio video navigation (AVN) dan tampilan baru berupa radiator grille bertipe mesh yang sporty. Corolla 2.0 V diharapkan dapat memperkuat posisi Toyota sebagai pemimpin pasar di segmen sedan menengah. Pada kuartal pertama tahun 2009 Toyota sudah mencatatkan penjualan ritel 1.532 unit atau 37,8 persen.

Corolla Altis 2.0 V mengadopsi mesin generasi terkini, 3ZR-FE yang menggunakan teknologi Dual VVT-i, dapur pacu Corolla 2.0V ini dipastikan mampu menghasilkan performa tinggi tanpa mengurangi efisiensi bahan bakar serta menghasilkan emisi yang bersih.

Corolla 2.0 V ini diperkenalkan di pasar Indonesia untuk memberikan pilihan baru kepada para eksekutif menengah ke atas yang berkarakter mapan, baik secara personal maupun sosial.

"Ini juga diperkenalkan khususnya untuk mereka yang menggemari kendaraan berkapasitas mesin lebih besar untuk performa unggul, tetapi tetap efisien. Citra Corolla sebagai sedan terlaris di dunia sekaligus kiprahnya dalam motor sport global merupakan salah satu jaminan driving excitement yang akan didapat oleh pengendaranya," kata Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor, saat peluncuran di sebuah restoran di Jakarta, Kamis (30/4).

Pendorong gairah penjualan mobil pun dinyatakan kembali oleh Johnny dalam sebuah acara Toyota baru-baru ini. Misalnya, melalui Indonesian International Motor Show (IIMS).

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), triwulan I-2009, penjualan Toyota Corolla kelas low masih memimpin pasar dengan penjualan 271 unit atau penguasaan pasar 43,5 persen di segmen tersebut disusul Honda Civic 38,7 persen, Mitsubishi Lancer 7,5 persen, Proton Waja 4,5 persen, Ford Focus 2,9 persen, dan Chev Optra 2,1 persen.

Wakil Presiden Direktur TAM Shinji Fujii mengatakan, "Total penjualan produk Toyota seluruh dunia mencapai tujuh juta unit. Tahun 2008, penjualan sedan Corolla mencapai 1,052 juta unit di seluruh dunia Pertumbuhannya masih mencapai 14 persen."

Corolla 2.0 V juga memiliki fitur paddle shift melengkapi fitur-fitur modern penunjang kenyamanan dan kenikmatan berkendara lain yang juga ada pada tipe 1.8 V yang digantikannya, seperti smart start dan entry system, cruise control, steering switch, dan auto-rain sensor.

Toyota juga menyediakan Toyota Genuine Accessories tambahan untuk Corolla 2.0 V, seperti navigation box dan aero kit. Dengan kehadiran varian 2.0 V ini, Corolla Altis kini tersedia dalam tiga pilihan tipe, yaitu 1.8 J Manual dengan harga on the road Jakarta pada bulan April 2009 senilai Rp 320,5 juta dan tipe 1.8 G Automatic senilai Rp 343,7 juta, serta tipe 2.0 V Automatic seharga Rp 372,5 juta.

Pilihan warnanya pun cukup bervariasi, yaitu beige metallic, silver metallic, med silver metallic, white pearl, black mica, dan grayish blue metallic.

Related Post



0 comments

Posting Komentar