
ToyotaSurabaya.com: Saat Anda membeli mobil Kijang Innova baru, Anda akan diberi 2 buku, yang pertama, Buku Pedoman Pemilik yang berisikan mengenai pengoperasian kendaraan tersebut. Kedua, Buku Warranty dan Service Berkala yaitu tentang informasi penting yang berhubungan dengan informasi penting perihal jaminan dan anjuran service yang benar dan tepat.
Di situ ditekankan, pemilik diminta membaca secara baik-baik karena warranty tersebut melindungi investasi Anda. jadi, Anda perlu tahu apa hak dan kewajiban yang menjadi milik Anda.
Jika kurang paham atau ada dari sekian butir ketentuan yang meragukan, bisa tanyakan langsung ke bengkel resmi Toyota terdekat.
Pelanggaran Berat
Dalam ketentuannya, Toyota memberi jaminan selama 36 bulan atau 100.000 km yang mana lebih dulu dicapai, terhitung sejak tanggal penyerahan mobil. Meliputi semua komponen, kecuali ban yang diatur tersendiri dengan jaminan yang disediakan pembuatnya; Baterai sampai batas 24 bulan atau 50.000 km (mana yang lebih dulu); Cat permukaan yang karat akibat cacat bahan atau kesalahan pengerjaan pada panel bodi dan dalam penggunaan yang normal; terakhir komponen-komponen yang bisa habis karena terpakai dan terhadap hal-hal serta komponen yang tidak ditanggung oleh warranty.
Warranty bisa hilang disebabkan banyak hal. "Pemakaian aditif sehingga ada bagian komponen terkena dari pemakaian itu, warranty langsung hilang," tegas Iwan Abdurahman, Section Head Technical Service Division-Training Department PT Toyota Astra Motor. Terpenting lagi, lanjutnya, jangan lewat terlalu jauh servis 1.000 km, warranty juga hilang.
Selain karena pakai aditif, penyebab warranty lenyap karena;
Modifikasi : Terhadap suatu bagian (misal ban, mesin, audio dll yang menyeret kerusakan bagian sekitarnya atau terkait).
Suku cadang : Pakai yang bukan asli Toyota dan tidak dilakukan oleh bengkel resmi, sehingga menimbulkan kerusakan.
Lalai : Kecelakaan, pemakaian yang salah (balapan, overloading, menerjang banjir, dsb), melakukan penyetelan dan perbaikan yang tidak sempurna yang bukan dilakukan Toyota.
Faktor yang sulit dikontrol:
- Cacatnya permukaan cat karena benturan atau batu kerikil dan goresan.
- Rusak permukaan cat akibat lingkungan seperti hujan, bahan kimia, getah pohon, garam dll.
- Bencana alam seperti hujan batu (letusan gunung), angin topan, banjir dll.
Kesalahan perawatan: Menggunakan bahan bakar, pelumas dan minyak (fluida) tidak sesuai spesifikasi yang direkomendasi Toyota.
Odometer : Pemilik mengubah (reset).
Selain faktor di atas, ada hal-hal yang tidak ditanggung Warranty
Biaya pekerjaan :
- Engine tune up, pengaturan roda (wheel alignment, balance roda rotasi ban, pemeriksaan dan penyetelan—rem dan kopling, tali kipas, link, dan penghubung pengemudi—pembersihan sistem bahan bakar, sistem pendinginan (AC) dan kerak karbon serta pemolesan.
Biaya jasa : pekerjaan pre-delivery dan servis berkala
Bahan-bahan dan komponen servis berkala:
- Bola lampu (kecuali sealed beam, halogen, HID), sekring, busi,tali kipas (kecuali timing belt), elemen pembersih, pelapis sepatu rem, ped rem (rem cakram), elektrolit baterai, refrigerant pendingin, bahan bakar, oli dan minyak-minyak (kopling, rempower steering, silicon, transmisi otomatis), gemuk dan bahan tambahan (aditif).
Bila kita ingin melakukan service berkala ditempat lain, namun masih merupakan bengkel resmi toyota "ibnu mengumpamakan ketika kita membeli mobil di Surabaya namun untuk service berkalanya bisa dilakukan di Malang atau dikota lain apabila kita tidak memungkinkan untuk melakukannya disurabaya. “ Misalnya membeli Mobil toyota di LIEK MOTOR surabaya dan servicenya di AUTO 2000 Malang , itu boleh boleh saja, asalkan disertai bukti dengan pengisian di buku service dan ada cap dealernya.
0 comments
Posting Komentar